ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL

Rahmatulloh, Muhammad Triandita (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
PDF Cover.pdf

Download (604kB)
[img] Text
PDF Daftar Isi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
PDF Bab 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
PDF Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
PDF Bab 3.pdf

Download (463kB)
[img] Text
PDF Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
PDF Bab 5.pdf

Download (140kB)
[img] Text
PDF Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB)

Abstract

Muhammad Triandita Rahmatulloh “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Pegadaian Digital”. Skripsi, DKI Jakarta: Program Studi Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Dra. Sholikhah, M.M dan Dr. Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., M.M. Kelengkapan isi, keakuratan data dan kemudahan penggunaan dalam suatu aplikasi merupakan hal yang penting untuk memperoleh tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Pegadaian Digital menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner menggunakan google form yang dibagikan secara online melalui platform seperti Whatsapp dan Instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Pegadaian Digital yang berusia 17 tahun keatas di DKI Jakarta diperoleh sampel sebanyak 120 responden yang dihitung menggunakan rumus Hair. Data yang diolah penelitian ini menggunakan software SPSS versi 29 dengan teknik analisis deskriptif, tabulasi sederhana dan skor rata-rata kepuasan pengguna menggunakan skala interval. Uji instrumen kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis deskriptif menggunakan tabulasi sederhana dan skor rata-rata kepuasan pengguna didapatkan bahwa kelima dimensi termasuk dalam kategori ”Sangat Baik” dan “Puas”. Berdasarkan temuan ini, implikasi pemasaran dalam penelitian ini memberikan saran untuk PT Pegadaian supaya meningkatkan kepuasan pengguna dengan meningkatkan fitur keandalan aplikasi hingga kemudahan pelayanan kepada pengguna aplikasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna aplikasi Pegadaian Digital. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Aplikasi Pegadaian Digital, PT Pegadaian, DKI Jakarta, End User Computing Satisfaction, Kemudahan Pengguna

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1:Sholikhah, M.M. Pembimbing 2:Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., M.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Teknologi Pendidikan (Education of Technologi and Applied)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:16
Last Modified: 30 Sep 2024 08:16
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11983

Actions (login required)

View Item View Item