PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Putri, Chintya Adinda (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1) Cover.pdf

Download (809kB)
[img] Text
2) Daftar Isi.pdf

Download (399kB)
[img] Text
3) Bab I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
4) Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
5) Bab III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
6) Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
7) Bab V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
8) Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB)
[img] Text
10) Jurnal Full_Chintya Adinda Putri_1709620083.pdf

Download (601kB)

Abstract

Chintya Adinda Putri. 1709620083. Pengaruh Pembelajaran Microteaching dan Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Kesiapan mengajar merupakan salah satu modal utama yang harus dimiliki mahasiswa jurusan kependidikan sebelum terjun ke dunia mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Microteaching dan Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta sebanyak 173 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling menggunakan rumus Slovin dengan margin of error sebesar 5% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 121 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Selanjutnya untuk teknik analisis data yang peneliti gunakan pada penelitian ini terdiri dari analisis outer model, analisis inner model, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung. Hasil dari perhitungan X1 terhadap Y menunjukkan bahwa skor original sample sebesar 0.325 dan t-statistic sebesar 2.704 > 1.96 serta nilai p-value sebesar 0.007 < 0.05; kemudian untuk X2 terhadap Y diperoleh skor original sample sebesar 0.383 dan t-statistic sebesar 3.749 > 1.96 serta nilai p-value sebesar 0.000 < 0.05. Adapun hasil perhitungan F2 dari variabel X1 terhadap Y diperoleh skor F2 sebesar 0.144 dan untuk variabel X2 terhadap Y diperoleh skor F2 sebesar 0.200. Sehingga dapat diambil kesimpulan pada penelitian ini, bahwa Pembelajaran Microteaching dan Minat Menjadi Guru secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kesiapan Mengajar mahasiswa. Dampak dari hal tersebut adalah mahasiswa akan mendapatkan peningkatan pedagogik, kepercayaan diri, dan motivasi pada kesiapan mengajar untuk menjalankan tugas sebagai pendidik nantinya. Kata Kunci: Pembelajaran Microteaching, Minat Menjadi Guru, Kesiapan Mengajar Mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:24
Last Modified: 17 Oct 2024 08:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item