Ardianti, Sabrina (2025) PENGARUH PERCEIVED PRICE, PRODUCT QUALITY, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP CONSUMER SATISFACTION DALAM MEMPENGARUHI CONSUMER LOYALTY PENGGUNA ONLINE FOOD DELIVERY. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) |
Abstract
Sabrina Ardianti, 2025; Pengaruh Perceived Price, Product Quality, dan EService Quality Terhadap Consumer Satisfaction Dalam Mempengaruhi Consumer Loyalty Pengguna Online Food Delivery. Skripsi, Jakarta: Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Tim Pembimbing: Prof. Dr. Gatot Nazir Ahmad, M.Si & Nofriska Krissanya, S.E., M.B.A Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived price, product quality, dan e-service quality terhadap consumer satisfaction dalam mempengaruhi consumer loyalty pengguna layanan online food delivery. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk mengidentifikasi hubungan antarvariabel. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data yang terkumpul mencakup uji inner model, uji outer model, dan pengujian hipotesis. Data dikumpulkan melalui survei online terhadap 254 mahasiswa di Jakarta berusia 18- 25 tahun dengan kriteria telah menggunakan layanan OFD minimal tiga kali dalam enam bulan terakhir yang dipilih menggunakan metode non-probability purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berbasis skala Likert 6 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived price, product quality, dan eservice quality memiliki pengaruh signifikan terhadap consumer satisfaction. Faktor-faktor ini berkontribusi dalam membentuk kepuasan pelanggan melalui perceived price, product quality, serta e-service quality. Di antara ketiga faktor tersebut, product quality ditemukan sebagai determinan utama dalam memengaruhi kepuasan konsumen. Selain itu, consumer satisfaction memiliki hubungan langsung yang kuat dengan consumer loyalty, di mana konsumen yang puas lebih cenderung terus menggunakan layanan OFD yang sama dan merekomendasikannya kepada orang lain. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi penyedia layanan OFD dalam meningkatkan kualitas produk, optimalisasi layanan digital, serta penyesuaian harga agar lebih kompetitif guna menarik dan mempertahankan pelanggan. Temuan ini juga dapat menjadi referensi bagi pelaku industri dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan retensi pelanggan. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya literatur terkait perilaku konsumen di era digital, khususnya dalam konteks layanan OFD yang semakin berkembang dan menjadi bagian penting dari gaya hidup modern mahasiswa. Kata kunci: Perceived Price, Product Quality, E-Service Quality, Consumer Satisfaction, Consumer Loyalty.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Prof. Dr. Gatot Nazir Ahmad, M.Si Pembimbing 2 : Nofriska Krissanya, SE,MBA |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 08:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 08:12 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |