Salsabillah,, Azahra (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MPLB DI SMKN 25 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text
Table Of Content.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
Jurnal_Azahra Salsabillah.pdf Download (587kB) |
Abstract
Azahra Salsabillah, 1709620073, Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kompetensi Keahlian MPLB di SMKN 25 Jakarta, Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kompetensi Keahlian MPLB di SMKN 25 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 108 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Dalam penelitian ini, analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan realibilitas, uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T, serta analisis koefisien determinasi. Teknik pengolah data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic Versi 26. Hasil penelitian ini didapatkan hasil Fhitung 37,789 > Ftabel 3.08. kemudian hasil uji koefisien regresi parsial (uji T) pada variabel penggunaan gadget didapatkan hasil Thitung 3,620 > Ttabel 1,982 dan variabel lingkungan teman sebaya didapatkan hasil Thitung 5,753 > Ttabel 1,982. Berdasarkan hasil pengujian simultan dan parsial tersebut, variabel penggunaan gadget (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y). Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar, Penggunaan Gadget
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Prof. Dr. Henry Eryanto, MM Pembimbing 2 : Rizky Firdausi Rachmadania |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:07 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:07 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |