FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP METAVERSE PADA INDUSTRI MODE DI INDONESIA

Ikbar, Harits (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP METAVERSE PADA INDUSTRI MODE DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Daftar Isi_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (298kB)
[img] Text
3. BAB 1_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. BAB 2_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
5. BAB 3_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (342kB)
[img] Text
6. BAB 4_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 5_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (235kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (228kB)
[img] Text
10. LoA Publikasi_Harits Ikbar_1710621007_S1 Bisnis Digital 2021.pdf

Download (168kB)

Abstract

Harits Ikbar, Faktor-Faktor yang Mempengauhi Penerimaan Konsumen Generasi Z terhadap Metaverse pada Industri Mode di Indonesia, Skripsi Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. 2025 Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara perceived usefulness, perceived enjoyment, perceived ease of use, fashion innovativeness, fashion involvement, brand experience, brand awareness, brand attitude, dan purchase intention dalam konteks penerimaan konsumen Generasi Z terhadap Metaverse di industri mode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi target yang terdiri atas pengguna platform Metaverse seperti Roblox, Sandbox, Zepeto, dan Decentraland. Populasi yang dapat diakses mencakup Generasi Z pengguna platform Metaverse di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini menerapkan purposive sampling, yaitu metode sampling non-probabilitas. Dalam penelitian ini, terdapat 45 indikator yang dianalisis menggunakan 225 sampel. Pengumpulan data dilakukan secara daring melalui Google Form dengan kuesioner yang didistribusikan kepada pengguna platform Metaverse di seluruh Indonesia. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Analisis data menggunakan metode SEM-PLS, yaitu teknik statistik untuk menguji dan mengevaluasi model hubungan antarvariabel. Dari total 25 hipotesis yang diajukan, semua hipotesis diterima dengan dampak signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen Generasi Z menunjukkan bahwa perceived enjoyment, perceived ease of use, brand awareness, brand attitude, purchase intention, perceived usefulness, fashion innovativeness, brand experience, dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap penerimaan konsumen Generasi Z terhadap metaverse dalam industri mode di Indonesia. Kata Kunci: Konsumen, generasi z, metaverse, industri mode, purchase intention

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Osly Usman, M.Bus Pembimbing 2 : Diena Noviarini M.M.Si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:18
Last Modified: 12 Jun 2025 08:18
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item