FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA GENERASI Z DAN MILENIAL

HERVIANTI, FAZALIKA ALFITRI (2025) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA GENERASI Z DAN MILENIAL. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Jurnal_Fazalika Alfitri Hervianti.pdf

Download (426kB)

Abstract

FAZALIKA ALFITRI HERVIANTI Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Gen Z Dan Milenial. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Minat investasi di pasar modal di kalangan Generasi Z dan Milenial mengalami peningkatan signifikan seiring dengan kemudahan akses teknologi digital. Namun, rendahnya literasi keuangan dan tingginya risiko penipuan investasi menjadi tantangan yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Literacy (Literasi Keuangan), Financial Inclusion (Inklusi Keuangan), dan Risk Perception (Persepsi Risiko) terhadap minat investasi pada kelompok usia tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Responden terdiri dari Generasi Z dan Milenial yang berinvestasi atau berminat untuk berinvestasi di pasar modal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy, financial inclusion dan risk perception memiliki pengaruh positif terhadap minat investasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan financial literacy dan financial inclusion untuk mendorong minat investasi pada generasi muda. Edukasi yang lebih efektif dan kampanye kesadaran akan risiko investasi perlu dilakukan untuk meminimalkan kerugian akibat penipuan dan pengambilan keputusan yang kurang tepat. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan agar studi selanjutnya memperluas cakupan variabel yang diteliti, memperluas populasi, dan memperluas daerah penelitian. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Persepsi Risiko, Minat Investasi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ayatulloh Michael Musyaffi, SE.,Ak.,M.Ak Pembimbing 2 : Nuramalia Hasanah, S.E., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:21
Last Modified: 28 Jul 2025 08:21
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item