Oktapiani, Rima (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI AKADEMIK TERHADAP KETERLIBATAN SISWA DENGAN MEDIASI KETANGKASAN BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 10 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
1.Cover_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
2.Daftar Isi_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
3.BAB I_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
4.BAB II_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
![]() |
Text
5.BAB III_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
6.BAB IV_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
![]() |
Text
7.BAB V_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
8.Daftar Pustaka_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
11.Jurnal_Rima Oktapiani_1709619036_PAP_121.pdf Download (343kB) |
Abstract
Rima Oktapiani, 1709619036. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Akademik Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Ketangkasan Belajar di SMKN 10 Jakarta. Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2025. Pada abad 21 pembelajaran menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam memahami materi, berpikir kritis, berkolaborasi, berkreasi, dan berkomunikasi secara efektif. Namun, partisipasi siswa di Indonesia masih menjadi tantangan, tercermin dari rendahnya peringkat pada PISA 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Akademik terhadap Keterlibatan Siswa melalui Ketangkasan Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS versi 4. Sampel penelitian menggunakan rumus Taro Yamane dengan tingkat kesalahan 5% dan menghasilkan sebanyak 155 responden yang dipilih melalui teknik probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji: Outer Model, Inner Model, dan Pengujian Hipotesis. Hasil analisis jalur hipotesis penelitian menghasilkan hasil < 0.05 dan R-square untuk variabel Y sebesar 75,8%, sedangkan untuk variabel Z sebesar 79%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi Diri dan Motivasi Akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keterlibatan Siswa melalui Ketangkasan Belajar secara langsung dan tidak langsung. Temuan tersebut menegaskan pentingnya pembelajaran interaktif dengan strategi bertahap yang berfokus pada manfaat jangka panjang. Dengan pendekatan yang tepat, keterlibatan, kepercayaan diri, dan motivasi siswa dapat ditingkatkan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif. Kata Kunci: keterlibatan siswa, efikasi diri, motivasi akademik, ketangkasan belajar, mediasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Pembimbing 2 : |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:42 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:42 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |