Ruyani, Muhamad Fathir Harsya (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MANAJEMEN PERKANTORAN SMK NEGERI 44 JAKARTA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text
Table_of_content_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
Chapter 1_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
Chapter 2_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
![]() |
Text
Chapter 3_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
Chapter 4_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
![]() |
Text
Chapter 5_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
Bibliografy_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
Jurnal Full_Muhamad Fathir Harsya Ruyani.pdf Download (604kB) |
Abstract
Muhamad Fathir Harsya Ruyani, 1709621048. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 44 Jakarta Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2025 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 44 Jakarta berjumlah 175 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh / total sampling dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 175 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SEM PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares) yang dihitung menggunakan software SmartPLS 4.0. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis model pengukuran, analisis model struktural, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara (1) Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar (2) Lingkungan Belajar Terhadap Hasil. Sedangkan tidak terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung yang positif dan signifikan antara (3) Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar, (4) Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar, (5) Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Kata Kunci: Efikasi Diri, Hasil Belajar, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M., Pembimbing 2 : Dr. Achmad Fauzi, S.Pd. M.Ak., |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:00 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |