Fauziah, Dini (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, OVERCONFIDENCE, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z (STUDI KASUS ORGANISASI FoSSEI JABODETABEK). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover-Kata Pengantar_Dini Fauziah_1701621002.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Table of Content_Dini Fauziah_1701621002.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB I_Dini Fauziah_1701621002.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB II_Dini Fauziah_1701621002.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
![]() |
Text
BAB III_Dini Fauziah_1701621002.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB IV_Dini Fauziah_1701621002.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
![]() |
Text
BAB V_Dini Fauziah_1701621002.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Dini Fauziah_1701621002.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
LOA Dini Fauziah.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan, overconfidence, dan literasi digital berdampak pada keputusan investasi yang dibuat oleh anggota generasi Z FoSSEI Jabodetabek. Dengan meningkatnya digitalisasi investasi dan penggunaan internet, literasi keuangan menjadi bagian penting dari pengambilan keputusan investasi. Dalam mengumpulkan data, Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, baik secara tatap muka maupun daring. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari anggota FoSSEI Jabodetabek yang menggunakan platform investasi digital dengan rentang usia 18-28 tahun. Penelitian ini menguji Outer Model dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan variance inflaction factor (VIF) serta Inner Model dengan koefisien determinasi (R Square) dan ukuran efek (F Square) serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, overconfidence, dan literasi digital secara signifikan memengaruhi keputusan investasi. Studi ini meningkatkan pemahaman tentang komponen yang memengaruhi keputusan investasi generasi Z dan bagaimana literasi digital dapat digunakan untuk meningkatkan keputusan investasi yang lebih cerdas. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk memperkuat edukasi literasi keuangan dan digital guna mengurangi pengaruh overconfidence dalam keputusan investasi. Institusi pendidikan dan platform investasi digital sebaiknya berkolaborasi dalam meningkatkan pemahaman generasi Z mengenai investasi yang lebih rasional dan berbasis informasi yang valid. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Overconfidence, Literasi Digital, Keputusan Investasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Pembimbing 2 : |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:35 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 08:35 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |