PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), TRUST, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP INTENTION TO USE PADA APLIKASI ERASPACE

Ramadhani, Syafiqah Dewi (2025) PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), TRUST, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP INTENTION TO USE PADA APLIKASI ERASPACE. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - KATA PENGANTAR_Syafiqah Dewi.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENTS_Syafiqah Dewi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_Syafiqah Dewi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI_Syafiqah Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 SKRIPSI_Syafiqah Dewi.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI_Syafiqah Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 SKRIPSI_Syafiqah Dewi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Syafiqah Dewi.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Syafiqah Dewi Ramadhani, Pengaruh Word of Mouth (WOM), Trust dan Perceived Value terhadap Intention to Use pada Aplikasi Eraspace, Skripsi Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. 2025 Penelitian ini menganalisis pengaruh Word of Mouth, Trust, dan Perceived Value terhadap Intention to Use pada aplikasi Eraspace, sebuah platform e-commerce di Indonesia yang menawarkan program loyalitas MyEraspace. Latar belakang penelitian didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi digital yang mendorong pertumbuhan aplikasi belanja daring, namun rendahnya kesadaran konsumen terhadap manfaat program loyalitas menjadi tantangan bagi PT Erajaya Swasembada Tbk. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh WOM terhadap Intention to Use, menganalisis hubungan Trust dengan Intention to Use, dan mengukur kontribusi Perceived Value terhadap Intention to Use. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling, data dikumpulkan dari pengguna aplikasi Eraspace yang mengetahui atau menjadi anggota MyEraspace melalui kuesioner daring dengan skala Likert 1-6, dianalisis dengan model persamaan struktural berbasis Partial Least Squares (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa WOM berpengaruh positif melalui rekomendasi yang kredibel dan informatif, Trust meningkatkan niat penggunaan melalui keandalan, kompetensi, dan transparansi, serta Perceived Value berkontribusi melalui manfaat fungsional, emosional, dan sosial. Trust menjadi faktor dominan dalam mendorong Intention to Use. Penelitian ini memberikan wawasan bagi PT Erajaya untuk meningkatkan strategi pemasaran dan edukasi konsumen guna memperkuat adopsi program loyalitas. Kata Kunci: Word of mouth, trust, perceived value, intention to use.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Hania Aminah, S.Pd., M.M., Ph.D., Pembimbing 2 : Diena Noviarini M.M.Si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 26 Sep 2025 09:16
Last Modified: 26 Sep 2025 09:16
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item