LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA DIVISI NIAGA BAGIAN ADMINISTRASI PELANGGAN DI PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA AREA PONDOK KOPI

JUNIARTI, CINDY (2018) LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA DIVISI NIAGA BAGIAN ADMINISTRASI PELANGGAN DI PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA AREA PONDOK KOPI. Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
CINDY JUNIARTI (8105150527).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LEMBAR EKSEKUTIF Cindy Juniarti 8105150527. Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya Area Pondok Kopi Jakarta : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Februari 2018. Laporan PKL ini disusun berdasarkan pengalaman praktikan melakukan PKL pada Divisi Niaga dan secara spesifik praktikan membantu pekerjaan pada Bagian Administrasi Pelanggan, selama kurang lebih 1 bulan terhitung dari tanggal 29 Januari sampai dengan 28 Februari 2018 dengan 5 hari kerja, Senin - Jumat pada pukul 07.30 s.d 16.00 Di PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya Area Pondok Kopi, Jalan Sentra Primer Baru Timur, Pulogebang, Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Tujuan utama PKL adalah untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Pelaksanaan kerja dilakukan praktikan selama PKL di PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya Area Pondok Kopi, praktikan mengalami kendala pada saat awal memulai PKL, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan mengamati cara kerja pegawai serta bertanya kepada para pegawai. Pada masa-masa awal PKL, Praktikan merasa menghadapi kendala seperti komunikasi yang belum efektif karena adanya rasa segan untuk bertanya dan sikap para karyawan yang terkesan tertutup dan sibuk dengan pekerjaanya sendiri. Tata ruang kantor yang terbatas seperti tempat untuk menaruh barang-barang arsip sehingga berantakan dilantai dan membuat sempit ruangan Bagian Administrasi Pelanggan untuk PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya. Dalam mensiasati kendala tersebut, praktikan berusaha harus lebih aktif dan berani dalam bertanya dan memulai pembicaraan. Kemudian untuk barang-barang yang berantakan dan terbatasnya ruangan Praktikan membantu pegawai dalam Bagian Administrasi Pelanggan dengan cara merapihkan barang-barang tersebut oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya. Saran untuk Praktikan adalah harus memberanikan diri untuk bertanya kepada pegawai jika ada kesulitan dalam pekerjaan atau kurang dimengerti. Dan saran untuk diharapkan Pegawai PT PLN Area Pondok Kopi membuat tim yang terdiri dari pegawai untuk memperkenalkan seluruh pegawai dan staff yang berada di Kantor PT PLN sehingga Praktikan dapat leluasa bekomunikasi selama malakukan kegiatan PKL. Dan PT PLN Area Pondok Kopi dapat menyediakan tempat khusus menaruh alat-alat atau berkas yang sudah lama. Sehingga selama kegiatan PKL berlangsung tidak mengganggu kegiatan prokduvitas pegawai lainnya.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing : Dewi Nurmalasari, S.Pd, MM
Subjects: Student Paper
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:17
Last Modified: 18 Oct 2018 04:17
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item