HUBUNGAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2016

KUSUMA RANI FASHA, ANNISAA (2021) HUBUNGAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2016. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER (47).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (27).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2 (25).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 (25).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4 (27).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 (24).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (24).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Soft Skills dan Hard Skills dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2016. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 6 bulan terhitung dari bulan Maret 2020 sampai dengan Juli 2020. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 301 mahasiswa dengan sampel sebanyak 161 mahasiswa. Sampel tersebut mengacu pada tabel Isaac dan Michael dengan teknik pemilihan responden menggunakan simple random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Kesiapan Menjadi Guru (Y), Soft Skills (X1) merupakan data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner penelitian dengan skala likert. Hard Skills (X2) merupakan data sekunder yaitu hasil nilai praktik keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Fakultas Ekonomi 2016. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas untuk Soft Skills dan Hard Skills dengan Kesiapan Menjadi Guru yaitu 0,200. Hasil uji linearitas nilai Linearity Soft Skills 0,000 dan Hard Skills 0,000. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance 0,707 > 0,1 serta nilai VIF sebesar 1,414 < 10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk Soft Skills (X1) sebesar 0,863> 0,05 dan signifikansi Hard Skills (X2) sebesar 0,565 > 0,05. Ketiga uji regresi linear berganda dengan hasil Ŷ = -10,666 + 0,245 X1 + 0,646 X2. Keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Hasil uji F dalam tabel ANOVA yaitu F-hitung > Ftabel yaitu 71,417 > 3,05. Hal ini berarti terdapat hubungan secara bersama-sama antara Soft Skills, Hard Skills, dan Kesiapan Menjadi Guru. Hasil uji t untuk Soft Skills t-hitung yaitu 3,838< t tabel 1,97453 dan untuk Hard Skills t-hitung yaitu 7,444 > nilai t-tabel 1,97453. Hal tersebut berarti terdapat hubungan positif antara Soft Skills dan Kesiapan Menjadi Guru, serta hubungan positif antara Hard Skills dan Kesiapan Menjadi Guru. Kelima analisis koefisien determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0,475 yang berarti variabel Soft Skills dan Hard Skills untuk menjelaskan variabel Kesiapan Menjadi Guru secara simultan, yaitu 47,5%, sedangkan sisanya 52,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Soft Skills, Hard Skills, Kesiapan Menjadi Guru

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Marsofiyati, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 :Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 18 Jun 2021 04:46
Last Modified: 18 Jun 2021 04:46
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item View Item