PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 35 Jakarta Mata Pelajaran Ekonomi)

ALDISA, OLIVEA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 35 Jakarta Mata Pelajaran Ekonomi). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-KATA PENGANTAR Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL Skripsi Olivea Aldisa PE 2017.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

OLIVEA ALDISA. PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 35 JAKARTA MATA PELAJARAN EKONOMI), Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, April 2021. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan fakta dan data yang valid, benar, dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan belajar, penggunaan media pembelajaran, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 35 Jakarta selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan kemandirian belajar sebagai varibel intervening. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan Agustus s.d. Desember 2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 35 Jakarta yang berjumlah 106 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan menjadikan anggota populasi sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner tertutup melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar (keluarga) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar, penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar, lingkungan belajar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hasil belajar, penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hasil belajar, dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa kemandirian belajar tidak dapat memediasi variabel lingkungan belajar terhadap hasil belajar, dan variabel kemandirian belajar dapat memediasi variabel penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si Pembimbing 2 : Bapak Suparno, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:32
Last Modified: 26 Jan 2022 03:32
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item View Item