PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Aulia, Saskia (2022) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER (54).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE_OF_CONTENT (15).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I (35).pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II (32).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III (29).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV (32).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V (26).pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BIBLIOGRAPHY (31).pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. JURNAL (9).pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

SASKIA AULIA. 1701617043. Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional stratified random sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 115 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru, kemudian efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru serta variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap variabel minat menjadi guru. Secara simultan menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat menjadi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga memiliki kontribusi sebesar 49,3% terhadap minat menjadi guru, sedangkan sisanya sebesar 50,7%% dapat dideskripsikan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Santi Susanti, S.Pd., M.Ak Pembimbing 2 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:23
Last Modified: 08 Feb 2022 03:23
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item