PERANAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PADA UMKM MINUMAN KEKINIAN DI DAERAH JAKARTA SELATAN)

Khafifah, Aura (2022) PERANAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PADA UMKM MINUMAN KEKINIAN DI DAERAH JAKARTA SELATAN). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
PDF COVER-1.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF TABEL_OF_CONTENT.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF Chapter 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
PDF Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
PDF Chapter 3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
PDF Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
PDF Chapter 5.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF BIBLIOGRAFHY.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal aura Khafifah .pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AURA KHAFIFAH. 2022. Peranan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) pada perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah ( UMKM ) (studi kasus pada UMKM minuman kekinian di daerah Jakarta Selatan). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu Negara ataupun suatu daerah, tidak terkecuali di Indonesia. Pengembangan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan makna tersendiri pada usaha peningkatan pertumbuhan ekonomi serta dalam usaha menekan angka kemiskinan suatu negara. Terutama di bisnis kuliner terdapat usaha minuman, minuman bisa menjadi penunjang usaha kuliner dengan aneka menu makanan serta roti dan kue. Usaha di bidang minuman tidak selalu menjadi pelengkap usaha makanan.Tempat atau lokasi penelitian ini adalah UMKM minuman kekinian di daerah Jakarta Selatan, Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dimulai dari bulan Februari 2022 sampai dengan bulan Maret 2022 yang dilakukan secara bertahap dan dimulai dari persiapan penelitian, survai awal, melakukan kajian pustaka yang sesuai dengan variabel yang dipilih, menyusun proposal, membuat instrument penelitian, uji coba instrument, analisis validitas instrument, pengumpulan data, analisis data, penyusunan laporan.disimpulkan bahwa pembiayaan dana KUR dari BRI untuk UMKM minuman kekinian di daerah Jakarta Selatan ini memang sangat efekttif. Para penjual minuman kekinian tersebut mengaku setelah mendapatkan dana KUR dari BRI ini usaha mereka menjadi semakin berkembang, mulai dari omset yang didapatkan sampai dengan sarana prasaranan yang dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan pembiayaan dana KUR dari BRI ini tidak hanya memberikan bantuan berupa dana tetapi juga melakukan monitoring terhadap perkembangan dari masing-masing usaha UMKM tersebut, sehingga para pengusaha UMKM merasa sangat dibantu. Peranan pembiayaan KUR terhadap perkembangan UMKM minuman kekinian di daerah Jakarta Selatan dengan pembiayaan tersebut dapat meningkatkan produktivitas usaha khususnya untuk usaha UMKM di Tebet, Jakarta Selatan. Dampak Yang Dirasakan Pelaku UMKM Dalam Pembiayaan KUR di BRI Cabang Tebet Jakarta Selatan Hal ini menunjukkan bahwa danaiii KUR yang diberikan oleh BRI dapat berpengaruh secara positif terhadap perkembangan UMKM, hal tersebut dilihat dari keuntungan awal dan keuntungan setelah mendapat dana KUR selalu mengalami kenaikan. Kata Kunci : UMKM, Minuman kekinian, Modal pinjaman Kredit Usaha Rakyat,

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Karunia Dianta A.S., S.IP., M.E Pembimbing 2 : Prof. Dr. Saparuddin M, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:41
Last Modified: 05 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item