PENGARUH PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMKN 13 JAKARTA

APRIANTO, WAWAN (2022) PENGARUH PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMKN 13 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Wawan Aprianto. 1701617142. Pengaruh Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMKN 13 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMKN 13 Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial menunjukkan prestasi belajar tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, variabel status sosial ekonomi orang tua tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hasil pengujian koefisien determinasi sebesar 64,1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki peran penting dalam keputusan siswa SMK untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dibandingkan prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua mereka. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si, Pembimbing 2 : Ati Sumiati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:03
Last Modified: 07 Oct 2022 02:03
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item