PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NADILA, KHORI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Khori Nadila, 1709617014. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Penggunaan Gadget (X1) dan Lingkungan Teman Sebaya (X2) dengan Minat Belajar (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tujuh bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan bulan September 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 199 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 127 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan nilai signifikansi variabel penggunaan gadget sebesar 0,059; nilai signifikansi variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,178; nilai signifikansi variabel minat belajar sebesar 0,379. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity variabel penggunaan gadget sebesar 0,802 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,081; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolineartitas dan uji heterokedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance sebesar 0,780 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,282 < 10. Hasil uji heterokedastisitas untuk variabel penggunaan gadget sebesar 0,486 > 0,05 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,890 > 0,05; (3) Uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 3,163 + 0,475 X1 + 0,840 X2 ; (4) Uji hipotesis yang terdiri dari uji f dan uji t. Hasil uji f pada tabel ANOVA yaitu F hitung sebesar 67,952 > F tabel 3,07. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Penggunaan Gadget (X1) dan Lingkungan Teman Sebaya (X2) dengan Minat Belajar (Y). Hasil uji t variabel penggunaan gadget sebesar 4,300 > t tabel 1,97928 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 7,555 > t tabel 1,97928. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Penggunaan Gadget (X1) dengan Minat Beajar (Y) dan hubungan positif antara Lingkungan Teman Sebaya (X2) dengan Minat Belajar (Y). (5) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,523 yang berarti variabel minat belajar (Y) secara simultan atau bersama-sama adalah sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. RR. Ponco Dewi Karyaningsih, M.M. Pembimbing 2 : Marsofiyati, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:59
Last Modified: 07 Oct 2022 03:59
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item