PENGARUH NILAI-NILAI FUNGSIONAL, SOSIAL, DAN EMOSIONAL TERHADAP NIAT BELI BARANG VIRTUAL GAME ONLINE (STUDI PADA PEMAIN MOBILE LEGENDS BANG BANG DI JABODETABEK)

Alfarisi, Arianto Hanief (2022) PENGARUH NILAI-NILAI FUNGSIONAL, SOSIAL, DAN EMOSIONAL TERHADAP NIAT BELI BARANG VIRTUAL GAME ONLINE (STUDI PADA PEMAIN MOBILE LEGENDS BANG BANG DI JABODETABEK). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table of Contents.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Arianto Hanief Alfarisi, 2022; Pengaruh Nilai-Nilai Fungsional, Sosial, dan Emosional Terhadap Niat Beli Barang Virtual Game Online (Studi Pada Pemain Mobile Legends Bang Bang di Jabodetabek). Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Seiring berjalannya waktu, competitive gaming atau e-sport telah menjadi cabang olahraga yang populer. Mobile Legends Bang Bang adalah salah satu game yang memiliki kontes resmi pada Southeast Asian Games 2019. Permasalahan Lucky Box, sistem Emblem Fragment, kecacatan pada tampilan karakter, permasalahan keamanan event dan kebijakan eksklusivitas skin memberikan arti penting tersendiri kepada pihak pengembang game Moonton untuk mempelajari faktor-faktor yang dapat membuat seseorang membeli barang virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai fungsional, sosial, dan emosional terhadap niat beli. Sumber data menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan SPPS versi 25 dan SEM (Structural Equation Modeling) AMOS versi 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) kompetensi karakter, nilai moneter, dukungan hubungan sosial dan nilai estetika berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, (2) nilai estetika dan kualitas fungsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspresi citra diri sosial. Nilai fit model dengan P senilai 0.079, nilai CMIN/DF senilai 1.230, nilai TLI senilai 0.984 CFI senilai 0.989 dan nilai RMSEA senilai 0.030. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pihak pengembang Moonton, untuk membuat strategi yang lebih baik dalam meningkatkan niat beli barang virtual game online Mobile Legends Bang Bang. Kata Kunci: Nilai Fungsional, Nilai Sosial, Nilai Emosional, Barang Virtual, Game online

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : M. Edo Suryawan Siregar, S.E., M.B.A, Pembimbing 2 : Ika Febrilia, SE, M.M
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 10 Oct 2022 16:41
Last Modified: 10 Oct 2022 16:41
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item