Alfarisi, Arianto Hanief (2022) PENGARUH NILAI-NILAI FUNGSIONAL, SOSIAL, DAN EMOSIONAL TERHADAP NIAT BELI BARANG VIRTUAL GAME ONLINE (STUDI PADA PEMAIN MOBILE LEGENDS BANG BANG DI JABODETABEK). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
Cover-Kata Pengantar.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
Table of Contents.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (549kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal.pdf Download (715kB) | Preview |
Abstract
Arianto Hanief Alfarisi, 2022; Pengaruh Nilai-Nilai Fungsional, Sosial, dan Emosional Terhadap Niat Beli Barang Virtual Game Online (Studi Pada Pemain Mobile Legends Bang Bang di Jabodetabek). Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Seiring berjalannya waktu, competitive gaming atau e-sport telah menjadi cabang olahraga yang populer. Mobile Legends Bang Bang adalah salah satu game yang memiliki kontes resmi pada Southeast Asian Games 2019. Permasalahan Lucky Box, sistem Emblem Fragment, kecacatan pada tampilan karakter, permasalahan keamanan event dan kebijakan eksklusivitas skin memberikan arti penting tersendiri kepada pihak pengembang game Moonton untuk mempelajari faktor-faktor yang dapat membuat seseorang membeli barang virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai fungsional, sosial, dan emosional terhadap niat beli. Sumber data menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan SPPS versi 25 dan SEM (Structural Equation Modeling) AMOS versi 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) kompetensi karakter, nilai moneter, dukungan hubungan sosial dan nilai estetika berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, (2) nilai estetika dan kualitas fungsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspresi citra diri sosial. Nilai fit model dengan P senilai 0.079, nilai CMIN/DF senilai 1.230, nilai TLI senilai 0.984 CFI senilai 0.989 dan nilai RMSEA senilai 0.030. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pihak pengembang Moonton, untuk membuat strategi yang lebih baik dalam meningkatkan niat beli barang virtual game online Mobile Legends Bang Bang. Kata Kunci: Nilai Fungsional, Nilai Sosial, Nilai Emosional, Barang Virtual, Game online
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : M. Edo Suryawan Siregar, S.E., M.B.A, Pembimbing 2 : Ika Febrilia, SE, M.M |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 16:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 16:41 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10745 |
Actions (login required)
View Item |