PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Nurcahyani, Sulis Rizkyka (2022) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_SULIS RN.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE LIST_SULIS RN.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER 1_SULIS RN.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
CHAPTER 2_SULIS RN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER 3_SULIS RN.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
CHAPTER 4_SULIS RN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER 5_SULIS RN.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAFHY_SULIS RN.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

SULIS RIZKYKA NURCAHYANI. Pengaruh Pengalaman Praktik Mengajar terhadap Minat menjadi Guru melalui Efikasi Diri sebagai variabel intervening. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik mengajar terhadap minat menjadi guru yang dimediasi oleh efikasi diri pada mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah sampel sebesar 250 mahasiswa yang berpedoman pada Teori Roscoe sebesar 10% dari total populasi serta teknik sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengalaman praktik mengajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 38,1% terhadap minat menjadi guru, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan sebesar 30,6% terhadap minat menjadi guru, pengalaman praktik mengajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 39,6% terhadap efikasi diri serta peran efikasi diri memediasi antara pengalaman praktik mengajar sebesar 12,1% terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Dengan adanya variabel intervening dalam penelitian ini mampu menjadi penghubung atau perantara antara variabel eksogen dengan variabel endogen sehingga memiliki nilai total yaitu 50,2%. Kata Kunci: Pengalaman Praktik Mengajar, Minat menjadi Guru, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bpk.Ari Saptono Pembimbing 2 : Bpk.Aditya Pratama
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:28
Last Modified: 12 Oct 2022 02:28
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item View Item