ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2019)

FADHILAH, NISRINA NUR (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2019). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Nisrina Nur Fadhilah, 2021; Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Skripsi. Jakarta: Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, profitabilitas, struktur modal, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA), struktur modal yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR), dan ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln(total aset). Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value dan Tobin’s Q. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 perusahaan dengan pengamatan selama 4 tahun sehingga terpilih sebanyak 200 obyek pengamatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian in adalah data panel dengan pendekatan fixed effect model. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini mendukung signalling theory untuk variabel kebijakan dividen dan profitabilitas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan yang ilmiah serta informatif khususnya bagi perusahaan, terutama perusahaan manufaktur, dalam membuat kebijakan yang tepat dalam memaksimalkan peran dan manfaat dari kebijakan dividen dan profitabilitas. Kata kunci: Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Pofitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suherman, S.E., M.Si., Pembimbing 2 : Destria Kurniati, S.E., M.Sc.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:30
Last Modified: 14 Oct 2022 02:30
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item