Maharani, Anisa (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL, KREATIVITAS, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
TABLE OF CONTENT-1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Anisa Maharani, 2022: Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, dan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di Jakarta. Skripsi, Jakarta: Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Tm Pembimbing: Prof. Dr. Corry Yohana, MM dan Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial, kreativitas, dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling kepada 150 responden yang termasuk kedalam kriteria penelitian yaitu mahasiswa aktif dengan lokasi kampus di Jakarta, angkatan 2018-2021 berusia 18- 24 tahun dan telah atau sedang menempuh mata kuliah kewirausahaan. Data didapatkan menggunaka metode survei dan instrumen kuesioner dengan skala likert. Dengan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil uji validitas instrumen pada penelitian ini dinyatakan valid dengan nilai rhitung > rtabel dan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha > 0,06. Hasil uji normalitas menggunakan pengujian Kolomogorov Smirnov diperoleh nilai Assymp Sig (2 tailed) sebesar 0,200 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil uji linearitas variabel pemanfaatan media sosial, kreatifitas, dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha memperoleh nilai linearity 0,00 < 0,05, maka variabel independen memiliki hubungan yang liniar terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil uji signifikansi parsial (uji t) dengan nilai signifikansi < 0,05 dan hasil thitung > ttabel. Maka dinyatakan bahwa pemanfaatan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (6,306>1,976) dan (signifikansi > 0,05), kreativitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (10,572>1,976) dan (signifikansi < 0,05) serta kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (7.711>1,976). Koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 47,4% yang menunjukkan pemanfaatan media sosial, kreativitas dan kecerdasan emosional memengaruhi minat berwirausaha, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, Kecerdasan Emosional, Minat Berwirausaha
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, MM, Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd, |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:49 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:49 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10847 |
Actions (login required)
View Item |