ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN UMKM DAERAH KOTA JAKARTA TIMUR

PUTRA, REZA ADI (2022) ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN UMKM DAERAH KOTA JAKARTA TIMUR. D3 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_of_content.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
Chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
Chapter4.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibiliography.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Karya Ilmiah_2021_Reza Adi Putra_1704518030_D3 Akuntansi 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

REZA ADI PUTRA. 2021. 1704518030. Analisis Dampak COVID-19 Terhadap Pendapatan UMKM Daerah Kota Jakarta Timur. Program Studi DIII Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. Karya Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui tentang dampak COVID-19 terhadap pendapatan UMKM di daerah Jakarta Timur pada tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan menyebarkan pertanyaan terbuka ke responden. Data yang terdapat dalam penelitian ini yaitu data primer berupa hasil wawancara dan hasil menyebarkan pertanyaan terbuka ke responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, kategorisasi data dan menarik kesimpulan dari datadata pendapatan UMKM di Jakarta Timur. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa berdasarkan data pendapatan UMKM tahun 2021 dapat disimpulkan bahwa, di daerah Jakarta Timur mayoritas terjadi penurunan pendapatan di saat Pandemi COVID-19. Adapun beberapa UMKM yang tidak terlalu berdampak dari segi pendapatan salah satunya adalah penjual barang primer seperti sembako. Rekomendasi dari penulis yang diharapkan dapat menjadi masukan yaitu hendaknya pihak Pemerintah Kota Jakarta Timur dapat lebih memperhatikan lagi faktor-faktor yang dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM di Jakarta Timur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa COVID-19 seperti ini, dimana banyak terjadi PHK besar-besaran. Jumlah unit usaha memiliki pengaruh yang paling besar terhadap jumlah tenaga kerja, semakin banyak jumlah UMKM yang berdiri, maka akan semakin banyak menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga penyerapan tenaga kerja juga akan meningkat dan tingkat penggangguran dapat ditekan. Kata Kunci: Pendapatan Usaha, UMKM Daerah, Pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:30
Last Modified: 03 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item