PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 13 JAKARTA

DESTIANA, WIDYA (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 13 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Chapter3.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Chapter5.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (0B) | Preview

Abstract

ABSTRAK WIDYA DESTIANA. 8105128104. Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Negeri 13 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 13 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 82 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan mengambil hasil nilai ulangan harian mata pelajaran otomatisasi perkantoran di semester 2, sedangkan data motivasi belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,347 > nilai ttabel sebesar 1,669. Fasilitas belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai nilai thitung sebesar 4,556 > nilai ttabel sebesar 1,669. Motivasi belajar dan fasilitas belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,561 >nilai F tabel sebesar 3,15. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 50,298 +0,236

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Ponco Dewi K, MM ., Pembimbing II: Darma Rika S, S.Pd, M.SE
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) > Pendidikan Sekolah Lanjutan (Secondary Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 05 Dec 2017 09:54
Last Modified: 05 Dec 2017 09:54
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item