PENGARUH ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, MINAT AKADEMIK, HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2019

ALVINI, TALISYA (2023) PENGARUH ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, MINAT AKADEMIK, HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2019. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Pdf Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pdf Table_Of_Content.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pdf Chapter 1 (Bab. I).pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
Pdf Chapter 2 (Bab. II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
Pdf Chapter 3 (Bab. III).pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
Pdf Chapter 4 (Bab. IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img]
Preview
Text
Pdf Chapter 5 (Bab.V).pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pdf Bibliography (Daftar Pustaka).pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Full.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

TALISYA ALVINI. 171618001. Pengaruh Antara Konsep Diri Akademik, Minat Akademik, Harapan Akademik Orang Tua, dan Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2019. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023. Kecemasan akademik merupakan rasa cemas yang dipicu oleh ketidakyakinan terhadap kemampuan diri untuk mengatasi tugas-tugas akademik. Mahasiswa memiliki latar belakang yang berbeda dalam dunia perkuliahan yang menimbulkan munculnya kecemasan akademik. Mahasiswa strata satu untuk mencapai gelar akademiknya harus menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik. Bagi mahasiswa, tugas akhir atau skripsi merupakan suatu hal yang dapat menimbulkan kecemasan karena dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik, minat akademik, harapan akademik orang tua, dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan 111 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional stratified random sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 87 mahasiswa. Instrumen diukur menggunakan skala likert dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta pengelolaan data menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri akademik, minat akademik, harapan akademik orang tua, dan dukungan sosial berpengaruh secara simultan terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2019. Kata Kunci : konsep diri akademik, minat akademik, harapan akademik orang tua, dukungan sosial, kecemasan akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mardi M.Si., Pembimbing 2 : Dr. Rida Prihatni, SE, Ak., M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) > Institusi Pendidikan dan Aktivitasnya (Educational Institutions & Activities)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:30
Last Modified: 31 Mar 2023 02:30
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item