PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 3 JAKARTA

KAMILA, HANA NIDA (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 3 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAFI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Hana Nida Kamila, 1709618006. Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Online Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK N 3 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran flipped classroom berbasis online. Penelitian ini dilakukan di SMK N 3 Jakarta tahun 2022 untuk kelas XII OTKP sebanyak 35 siswa. Data minat belajar diperoleh melalui angket dan observasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar pada setiap akhir tindakan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi penerapan model pembelajaran flipped classroom berbasis online mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh dari prosentase minat belajar pra siklus sebesar 39,14% meningkat pada siklus 1 menjadi 67,71%, dan pada siklus II menjadi 80,86%. Berdasarkan kuesioner penggunaan model pembelajaran flipped classroom mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh dari kategosi lemah pada pra tindakan menjadi kategori kuat pada siklus I dan siklus II. Bahwa model pembelajaran flipped classroom berbasis online mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan perkembangan ketuntasan (KKM) 42,86% pada pra tindakan, 68,57% pada Tindakan awal siklus I dan 85,71% tuntas pada siklus I. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Pembelajaran Jarak Jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd., M.M Pembimbing 2 : Sholikhah, MM.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:25
Last Modified: 04 Apr 2023 04:25
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item View Item