Faza, Muthi Rahmawati (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 51 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
COVER .pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
Table Of Content.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Muthi Rahmawati Faza, 1709618080. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 51 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan faslitas belajar terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu 8 bulan terhitung dari bulan Januari 2022 sampai Agustus 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik pemilihan responden menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 150 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pernyataan kepada responden menggunakan teknik kuesioner dengan skala likert yang memberikan lima alternative jawaban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji Hipotesis terdiri dari Uji F, Uji t. berdasarkan perbandingan F-hitung dan F-tabel menggunakan tabel ANOVA, diperoleh Fhitung sebesar 101.526 > 3.06. artinya bahwa terdapat pengaruh antara Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y). Hasil Uji t untuk Keterampilan Mengajar Guru (X1). Hasil Uji t variabel keterampilan mengajar guru sebesar 6.924 > 1.97623 dan variabel fasilitas belajar sebesar 2.392 > 1.97623, hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y). Hasil uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0.580 yang berarti 58% variabel motivasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar, sedangkan sisanya sebesar 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Marsofiyati S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE, M.M |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 05:22 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 05:22 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11189 |
Actions (login required)
View Item |