PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 51 JAKARTA

Faza, Muthi Rahmawati (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 51 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table Of Content.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Muthi Rahmawati Faza, 1709618080. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 51 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan faslitas belajar terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu 8 bulan terhitung dari bulan Januari 2022 sampai Agustus 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik pemilihan responden menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 150 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pernyataan kepada responden menggunakan teknik kuesioner dengan skala likert yang memberikan lima alternative jawaban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji Hipotesis terdiri dari Uji F, Uji t. berdasarkan perbandingan F-hitung dan F-tabel menggunakan tabel ANOVA, diperoleh Fhitung sebesar 101.526 > 3.06. artinya bahwa terdapat pengaruh antara Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y). Hasil Uji t untuk Keterampilan Mengajar Guru (X1). Hasil Uji t variabel keterampilan mengajar guru sebesar 6.924 > 1.97623 dan variabel fasilitas belajar sebesar 2.392 > 1.97623, hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y). Hasil uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0.580 yang berarti 58% variabel motivasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar, sedangkan sisanya sebesar 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Marsofiyati S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE, M.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 04 Apr 2023 05:22
Last Modified: 04 Apr 2023 05:22
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item