FARHAN, FEBI FERDIAN (2023) PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (627kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal_Febi Ferdian Farhan_1709617023.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Febi Ferdian Farhan. 1709617023. Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi pada mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan range skala likert. Prestasi Belajar (Y), Keaktifan Organisasi (X1) dan Motivasi Belajar (X2) merupakan data primer. Data dianalisis dengan teknik regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Teknik analisis yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis (uji normalitas dan linearitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastistas), persamaan regresi berganda, uji F dan uji T. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov pada kedua variabel bernilai 0,200. Dengan hasil uji linearitas pada keaktifan organisasi dan motivasi belajar bernilai 0,000. Uji multikolinearitas variabel keaktifan organisasi nilai tolerance 0,562 >0,1 dan nilai VIF 1,780 <10, variabel motivasi belajar nilai tolerance 0,562 >0,1 dan nilai VIF 1,780 <10. Uji heteroskedastisitas pada variabel keaktifan organisasi sig sebesar 0,530 >0,05 dan variabel motivasi belajar sig sebesar 0,398 >0,05. Uji F bernilai 72,027 dan uji T pada variabel keaktifan organisasi bernilai 3,620 dan variabel motivasi belajar bernilai 4,284. Hasil persamaan regresi berganda adalah Y = 3,389 + 0,363(X1) + 0,321(X2) dari persamaan tersebut pengaruh dari keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar memiliki pengaruh dengan arah positif dan signifikan. Hasil koefisiensi determinasi (R2) adalah 0,723 yang mengartikan bahwa 72,3% variabel prestasi belajar berhubungan secara simultan dapat dijelaskan oleh keaktifan organisasi dan motivasi belajar sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh Peneliti. Kata Kunci: Keaktifan Organisasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Osly Usman, SE., Mbus.Syst. Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 07:20 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 07:20 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11201 |
Actions (login required)
View Item |