PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMA ( STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 DAN SMAN 27 JAKARTA )

LAZUARDI, CAHYA ADELIA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMA ( STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 DAN SMAN 27 JAKARTA ). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Table of Content.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Biblioghraphy.pdf

Download (261kB)

Abstract

CAHYA ADELIA LAZUARDI. Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Digital Untuk Siswa SMA (Studi Kasus Pada Siswa IPS Kelas XI SMAN 5 Dan SMAN 27 Jakarta). Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2023 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen literasi digital bagi siswa SMA dan untuk memastikan instrumen literasi digital memenuhi validitas dan reliabilitas siswa.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan R & D (Research and Development) yang digunakan dalam penelitian ini. R & D (Research and Development) merupakan strategi untuk menciptakan invensi dan mengkaji penciptaannya (Sugiyono, 2019). Lokasi penelitian akan dilaksanakan di 2 SMA negeri di wilayah Jakarta Pusat, SMA Negeri 5 Jakarta dan SMA Negeri 27 Jakarta. Dari perolehan kajian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa langkahlangkah pengembangan instrumen literasi digital bagi mahasiswa dimulai dari tahapan merealisasikan kajian sebelumnya, mengembangkan kreasi awal, melakukan validasi kreasi, merealisasikan uji coba dan menghasilkan kreasi akhir. Pada langkah studi sebelumnya dilakukan survei lapangan di lokasi penelitian dan pengumpulan literatur yang mendukung pengembangan instrumen penilaian literasi digital. Pada tahap awal pengembangan produk, instrumen penelitian dirancang dengan kisi-kisi yang digunakan untuk mengukur kualitas instrumen penilaian literasi digital. Pada tahap realisasi validasi produk, instrumen penilaian literasi digital dinilai kelayakannya oleh para ahli dengan hasil validasi oleh ahli bahasa, isi dan instrumen masing-masing memperoleh nilai validitas sebesar 90,28%; 91,67% dan 90,97% yang merupakan kriteria very valid (SV). Pada tahap mewujudkan uji coba yaitu uji coba kelompok kecil dan kelompok besar untuk memperoleh nilai validitas dan reliabilitas bagi mahasiswa. Terakhir adalah membuat produk akhir. Instrumen penilaian literasi digital telah memenuhi validitas dan reliabilitas mahasiswa. Diketahui dari uji coba kelompok kecil bahwa butir-butir pada instrumen penilaian literasi digital dinyatakan valid dan reliabel sebanyak 20 butir dengan skor r hitung di atas tabel r (0,1497) dan reliabilitas instrumen penilaian literasi digital sebesar 0,972. Sedangkan pada uji coba kelompok besar didapatkan item pada instrumen penilaian literasi digital dinyatakan valid dan reliabel sebanyak 20 item dengan skor r count di atas tabel r (0,4973) dan reliabilitas instrumen penilaian literasi digital sebesar 0,874 Kata kunci: Instrumen Penilaian, Studi Kasus, Pengembangan Literasi Digital, Siswa SMA, Penelitian dan Pengembangan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Ari Saptono, M. Pd, Pembimbing 2 : Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:17
Last Modified: 05 Jan 2024 03:17
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item