ANDRIANI, LUFI (2023) EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 105 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
COVER ONLY.pdf Download (1MB) |
|
Text
TABEL OF CONTENT.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis proyek khususnya pada pembelajaran proyek penguatan profil siswa Pancasila yang telah diterapkan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 105 Jakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum mandiri dan mengetahui evaluasi penerapan model pembelajaran Project Based Learning sebagai implementasi kurikulum mandiri pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, dan merupakan penelitian yang berupaya mengungkapkan, mendeskripsikan, menganalisis, memproyeksikan dan memberi makna pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning sebagai implementasi kurikulum mandiri di SMA Negeri 105 Jakarta. Model Pembelajaran Project Based Learning ini diprakarsai oleh implikasi dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4 Tahun 2020. Model Pembelajaran Project Based Learning mempunyai tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada siswa agar lebih mampu berkolaborasi, bekerjasama. dan berempati dengan orang lain. Kurikulum Merdeka 2022 yang diluncurkan memberikan peluang untuk diterapkannya Project Based Learning (PjBL). Namun tidak semua guru memahami model pembelajaran ini dengan benar. Sintaksnya ada enam, yaitu: membuka pembelajaran dengan bertanya, merencanakan proyek, menyusun jadwal kegiatan, mengawasi kemajuan proyek, menilai produk yang dihasilkan, mengevaluasi. Model pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk lebih mampu berkolaborasi, bekerja sama dan berempati terhadap orang lain. Kata Kunci: Kurikulum, Evaluasi, Implementasi, Pembelajaran Mandiri, Pembelajaran Berbasis Proyek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Prof. Dr. Ari Saptono, M. Pd, Pembimbing 2 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd, |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:13 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:13 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11453 |
Actions (login required)
View Item |