EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUSINESS CENTER PADA KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMKN 50 JAKARTA

LATIFAH, DYAH SYAFITRI (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUSINESS CENTER PADA KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMKN 50 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_Cover - kata pengantar.pdf

Download (620kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_Table of content.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_BAB 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_BAB 3.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_BAB 5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Dyah Syafitri Latifah_Bibliography.pdf

Download (177kB)

Abstract

Dyah Syafitri Latifah, Efektivitas Penggunaan Business Center pada Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 50 Jakarta, Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan business center pada kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 50 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti mendapatkan data hasil penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, pengelola business center, pengelola unit produksi, tenaga pendidik, serta 6 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas penggunaan business center pada kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 50 Jakarta sudah efektif, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena belum berjalan dengan maksimal. Hal tersebut ditinjau dari beberapa indikator efektivitas yang meliputi: (1) input efektivitas penggunaan business center dinilai sudah efektif, pengguna business center yaitu guru dan siswa. Fasilitas business center SMKN 50 Jakarta sudah cukup lengkap meskipun masih terdapat kekurangan. Tata ruang business center sudah cukup rapi dan penempatan produk sesuai dengan kategorinya. Manajemen business center SMKN 50 Jakarta sudah cukup baik dan terdapat struktur organisasi yang jelas. (2) proses efektivitas penggunaan business center dinilai sudah cukup efektif, kegiatan praktik berjalan sesuai dengan prosedur meskipun Standar Operasional Prosedur (SOP) belum tersedia secara tertulis di ruang business center. Terdapat beberapa siswa yang tidak menaati tata tertib business center. Praktik berlangsung sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. (3) output efektivitas penggunaan business center dinilai sudah efektif, kegiatan praktik berjalan sesuai dengan prosedur dan tujuan business center. Hasil dari praktik dapat memberikan manfaat bagi sekolah maupun warga sekolah. Kata kunci: Efektivitas, Business Center, Bisnis Daring dan Pemasaran

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Corry Yohana, MM. Pembimbing 2 : Bapak Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:52
Last Modified: 22 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item