PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA SMKN 20 JAKARTA

FAKHRUNNISA, FAKHRUNNISA (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA SMKN 20 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf

Download (577kB)
[img] Text
Table of content - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 1 - Fakhrunnisa - PB2018.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 2 - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB 3 - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 4 - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB 5 - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Bibliography - Fakhrunnisa - PB 2018.pdf

Download (291kB)

Abstract

FAKHRUNNISA. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA SMKN 20 JAKARTA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bisnis. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa selama menjalani pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yang diterapkan sekolah. Penelitian ini menggunakan variabel lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional, serta variabel motivasi belajar sebagai variabel mediasi yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel dengan sampel siswa SMKN 20 Jakarta sebanyak 154 siswa yang memiliki kriteria siswa SMKN 20 Jakarta kelas XI dan pernah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diketahui bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh langsung terhadap prestasi belajar dengan nilai 0,277 dan t statistics (4,483 > 1,96) atau p value (0,000 < 0,05), motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar dengan nilai 0,564 dan t statistics (9,015 > 1,96) atau p value (0,000 < 0,05), dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai 0,019 dan t statistics (0,308 < 1,96) atau p value (0,758 > 0,05). Selain itu, diketahui pula bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai 0,243 dan t statistics (5,604 > 1,96) atau p value (0,000 < 0,05), serta kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai 0,172 dan t statistics (4,501 > 1,96) atau p value (0,000 < 0,05). Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, MM Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:12
Last Modified: 22 Jan 2024 08:12
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item