Utami, Andini Sih Afsari (2024) Analisis Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Organisasi pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Kecepatan Proses Inovasi sebagai variabel mediasi pada UKM Bidang Kuliner di Kota Bogor. S2 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
PDF Cover.pdf Download (498kB) |
|
Text
PDF Daftar isi.pdf Download (184kB) |
|
Text
PDF BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
PDF BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
PDF BAB III.pdf Download (300kB) |
|
Text
PDF BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PDF BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
PDF Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) |
Abstract
Berdasarkan data UKM bidang kuliner merupakan usaha yang sedang berkembang pesat di wilayah Kota Bogor, dimana terdapat sekitar 2.875 usaha kecil dan menengah. Bisnis kafe, kedai, dan restoran atau bahkan pabrik makanan dan minuman banyak bermunculan di wilayah-wilayah strategis sekitar Kota Bogor. Ketatnya pesaingan tersebut menyebabkan UKM kuliner di Kota Bogor harus menerapakan strategi pemasaran yang tepat agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitornya. Namun demikian, Dari sumber data Kota Bogor memuat jumlah UKM dari tahun 2020 sebanyak 6.698 menjadi 5,669 pada tahun 2021 dan turun kembali menjadi 4.620 di tahun 2022 menurut Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecepatan proses inovasi yang memediasi antara TQM dan kinerja organisasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif menggunakan software SmartPLS 4.0. Total responden sebanyak 110 (seratus sepuluh) responden yang merupakan owner atau manager dari UKM di bidang kuliner. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa semakin baik implementasi TQM pada pelaku UKM, maka kinerja UKM akan semakin meningkat, sehingga akan memberikan keunggulan yang kompetitif. Inovasi merupakan cara bagi UKM untuk mempertahankan nilai dan keunggulannya di dalam persaingan pasar. Kecepatan proses inovasi penting untuk menciptakan kinerja organisasi yang baik. UKM perlu menjaga konsistensi dalam melaksanakan kecepatan proses inovasi untuk mencapai kinerja optimal. Praktik TQM dapat meningkatkan kinerja organisasi dengan melibatkan seluruh level karyawan untuk melakukan peningkatan berkelanjutan. TQM dianggap sebagai pendekatan untuk meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, dan daya saing bisnis. Kata Kunci: TQM, Kinerja Organisasi, Kecepatan Proses Inovasi, UKM Bidang Kuliner
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Bapak Unggul Purwohedi, SE., MSi., PhD., CMA Pembimbing 2 : Ibu Dr. Rida Prihatni SE., M.Si |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S2 Magister Akuntansi |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:53 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:53 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11897 |
Actions (login required)
View Item |