GOFUR, MILLAH KAMALIAH (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI NEOBANK DI DAERAH KHUSUS JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
COVER & ABSTRAK.pdf Download (547kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (689kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (273kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
Abstract
Sektor perbankan di Indonesia memperkenalkan inovasi baru dengan layanan virtual yang disebut sebagai bank digital. Terdapat beberapa aplikasi bank digital yang berhasil merebut pasar, salah satunya Neobank. Memahami faktor-faktor kepuasan pengguna terhadap Neobank menjadi penting bagi platform untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi Neobank di Daerah Khusus Jakarta dengan menggunakan dimensi ease of use and satisfaction, system information and arrangement, usefulness, dan intention to use. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah responden berdomisili di Daerah Khusus Jakarta, responden berusia 18 tahun ke atas, dan pengguna aplikasi Neobank atau pernah menggunakan aplikasi Neobank. Penelitian ini menggunakan Roscoe dengan 120 responden. Teknik pengumpulan data melalui alat kuesioner dan mendistribusikannya melalui sosial media (Instagram dan Telegram). Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26 untuk menganalisis uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji mean, uji t, dan uji standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi ease of use and satisfaction, system information and arrangement, usefulness, dan intention to use memiliki hasil rata-rata di atas 2.51 yang dimana termasuk dalam kategori puas. Hal ini didukung oleh pernyataan aplikasi Neobank membantu memudahkan semua layanan transaksi secara efektif, informasi dalam aplikasi Neobank terorganisir dengan baik, pemakaian kode promo yang ditawarkan oleh aplikasi Neobank, dan aplikasi Neobank yang mudah untuk digunakan. Navigasi pada aplikasi Neobank konsisten ketika berpindah layar dan aplikasi Neobank membuat pengguna nyaman saat menggunakannya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi ease of use and satisfaction, system information and arrangement, usefulness, dan intention to use memiliki indikator-indikator yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna pada aplikasi Neobank. Diharapkan dapat melibatkan sampel dari populasi di JABODETABEK, sehingga mungkin temuannya mewakili seluruh populasi di wilayah tersebut. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Neobank, Bank Digital, Kemudahan Penggunaan, Daerah Khusus Jakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1: Ika Febrilia, S.E., M.M Pembimbing 2: Nofriska Krissanya, S.E., M.B.A |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Perdagangan (Commerce, Trade) Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Komunikasi Telekomunikasi (Communications Telecommunications) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:49 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:49 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
View Item |