ANWARI, RADINKA FATHANAYRA (2024) ANALISIS MINAT BELI TOKOPEDIA PADA GEN Z DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (445kB) |
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (763kB) |
|
Text
4. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
5. BAB 3.pdf Download (494kB) |
|
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
Text
7. BAB 5.pdf Download (403kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
Abstract
Kemunculan platform e-commerce seperti Tokopedia telah mengubah cara berbelanja, terutama bagi generasi muda. Memahami faktor-faktor minat beli konsumen terhadap Tokopedia menjadi penting bagi platform untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen Generasi Z terhadap Tokopedia dengan menganalisis faktor-faktor yang terdapat pada Theory of Planned Behavior (TPB), yaitu sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei online yang disebarkan di media sosial melalui Google Forms. Sampel penelitian adalah konsumen Generasi Z di Jakarta. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk menganalisis konstruk TPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor TPB memiliki hasil yang baik terhadap minat beli konsumen Generasi Z terhadap Tokopedia. Konsumen dengan sikap positif terhadap Tokopedia, yang merasakan tekanan norma sosial untuk membeli di platform, dan percaya mereka memiliki kemampuan untuk melakukannya, lebih cenderung menunjukkan minat beli yang kuat. Hal ini didukung oleh pernyataan pengguna memiliki sikap positif terhadap Tokopedia dan berminat membeli produk di platform tersebut, insentif yang diberikan oleh Tokopedia membuat mereka berminat untuk membeli di Tokopedia, dan pengguna sangat percaya diri dalam kemampuannya untuk membeli di Tokopedia. Platform Tokopedia mudah digunakan dan menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan yang memudahkan pengguna dalam melakukan pembelian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa TPB merupakan kerangka kerja yang efektif untuk memahami minat beli konsumen Generasi Z terhadap Tokopedia. Tokopedia dapat memanfaatkan temuan ini untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tertarget, seperti membangun citra merek yang positif, memanfaatkan pengaruh sosial, dan memastikan platform yang ramah pengguna. Kata Kunci: minat beli, gen z, tokopedia, theory of planned behavior, e-commerce
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1:Dra. Sholkhah, M.M Pembimbing 2:Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) > Sistem Ekonomi Sosialis Socialism & Related Systems) Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Perdagangan (Commerce, Trade) Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Teknologi Pendidikan (Education of Technologi and Applied) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 08:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 08:41 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11986 |
Actions (login required)
View Item |