ANALISIS MINAT BELI SEPATU MEREK LOKAL PADA LOKAPASAR (Studi Kasus Generasi Z di Daerah Jabodetabek)

ARDIANSYAH, ACHMAD (2024) ANALISIS MINAT BELI SEPATU MEREK LOKAL PADA LOKAPASAR (Studi Kasus Generasi Z di Daerah Jabodetabek). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (636kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (351kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
11. JURNAL_ACHMAD ARDIANSYAH_1702519042.pdf

Download (738kB)

Abstract

ABSTRAK Achmad Ardiansyah, 2024; Analisis Minat Beli Sepatu Merek Lokal Pada Lokapasar (Studi Kasus Generasi Z di Daerah Jabodetabek). Skripsi, Jakarta: Program Studi D4 Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim pembimbing: Andi Muhammad Sadat, S.E., M.Si., Ph.D. dan Agung Kresnamurti Rivai P., S.T., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli sepatu merek lokal pada lokapasar dengan studi kasus Generasi Z di Daerah Jabodetabek. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor eksploratori (EFA), analisis tabulasi sederhana, analisis deskriptif, dan skor rata-rata. Hasil pra riset tentang alasan minat beli sepatu merek lokal dibanding luar negeri dengan persentase 60% memilih sepatu merek lokal karena lebih murah dibanding luar negeri, persentase 17,5% memilih membeli sepatu merek lokal karena mendukung merek lokal, dan 15% memilih membeli sepatu merek lokal karena kualitas yang terjamin. Hasil uji validitas dalam penelitian ini dikatakan valid karena memiliki r hitung lebih besar dari r tabel sebesar 0,098 dan hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini dikatakan reliabel karena cronbach’s alpha > 0,6. Hasil penelitian ini, minat beli sepatu lokal pada Generasi Z sangat tinggi dan sangat efektif dan faktor yang paling berpengaruh yaitu keunikan produk, kepercayaan terhadap produk, harga yang terjangkau, konten di media sosial yang menarik, dan yang terakhir adalah perasaan diterima oleh orang lain. Rekomendasi penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek, subjek dan tempat penelitian, karena penelitian ini hanya mencakup sepatu lokal sebagai objek penelitian dan generasi Z sebagai subjek penelitian dan diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperluas wilayah penelitian. Kedua, diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah jumlah sampel penelitian sehingga dapat menemukan faktor-faktor lain yang kemungkinan berpotensi mempengaruhi minat beli sepatu lokal. Ketiga, diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperkaya teori, metode analisis, dan perspektif yang digunakan untuk menjelaskan minat beli. Kata Kunci: minat beli, sepatu lokal, e-commerce, attention, interest, desire

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Andi Muhammad Sadat, SE, M.Si., Ph.D Pembimbing 2 : Agung Kresnamurti Rivai P, MM
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:42
Last Modified: 17 Oct 2024 06:42
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item