PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMK NEGERI 16 JAKARTA

LUTFIYANI, ALFI (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMK NEGERI 16 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Daftar Isi.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (956kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (542kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
10. Jurnal Full.pdf

Download (411kB)

Abstract

ALFI LUTFIYANI, Perbedaan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa antara Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Model Pembelajaran Konvensional di SMK Negeri 16 Jakarta. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran flipped classroom dengan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa antara model pembelajaran flipped classroom dengan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kemandirian belajar tinggi dengan kemandirian belajar rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MPLB dengan jumlah keseluruhan 72 siswa dimana kelas X MPLB 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MPLB 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil belajar peserta didik diukur menggunakan pretest dan posttest hasil belajar, sedangkan kemandirian belajar diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Uji hipotesis hasil belajar dan kemandirian belajar menggunakan SPSS versi 26. Uji hipotesis hasil belajar dengan paired samples t-test diperoleh antara nilai pretest dan nilai posttest pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol mengalami peningkatan sedangkan hasil independent sample t-test pada nilai posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji hipotesis kuesioner kemandirian belajar dengan independent sample t-test menunjukkan tingkat kemandirian belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji hipotesis hasil belajar dengan kemandirian kategori tinggi dan rendah menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa hasil belajar dengan kategori tinggi pada kemandirian belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kemandirian belajar dengan kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa antara model pembelajaran flipped classroom dengan model pembelajaran konvensional di SMK Negeri 16 Jakarta. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Model Pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.si Pembimbing 2 : Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 30 Oct 2024 08:00
Last Modified: 30 Oct 2024 08:00
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item