Rahma, Aulia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU PILES SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN ARSIP DI SMKN 12 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
Cover Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (281kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) |
|
Text
Jurnal full.pdf Download (724kB) |
Abstract
Aulia Rahma. 1709620032. Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Piles Sebagai Instrumen Evaluasi Pembelajaran Arsip di SMKN 12 Jakarta. 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu piles sebagai Instrumen evaluasi pembelajaran Arsip pada kelas XI MP di SMKN 12 Jakarta, mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu piles yang digunakan sebagai Instrumen evaluasi pembelajaran Arsip pada kelas XI MP di SMKN 12 Jakarta, berdasarkan ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran serta respons peserta didik Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan Model MANTAP yang meliputih lima tahapan, yaitu: Penelitian Pendahuluan, Pengembangan Model, Validasi Model, Uji Efetivitas dan Diseminasi. Mengingat terbatasnya waktu dan dana, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ke empat. Pada tahap Uji Validasi Model, media pembelajaran berbasis permainan Kartu Piles dinilai oleh para ahli, ahli materi (dosen FE UNJ), ahli media (dosen FE UNJ), praktisi pembelajaran (guru kearsipan SMKN 12 Jakarta). Tahap uji efektivitas model, media pembelajaran berbasis permainan Kartu Piles dilakukan dua uji coba, uji coba kelompok kecil (uji terbatas) dan uji coba kelompok besar (uji pemakaian). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Manajemen Perkantoran. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian vasilitator serta lembar angket untuk uji efektivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Permainan Kartu Piles sebagai Instrumen Evaluasi Pembelajaran Arsip di SMK Negeri 12 Jakarta dinyatakan bahwa layak digunakan. Kelayakan media pembelajaran Kartu Piles sebagai instrumen evaluasi dinilai berdasarkan dari: a) ahli materi memperoleh rata-rata skor akhir 4,55 termasuk dalam kriteria Sangat Layak, b) ahli media memperoleh rata-rata skor akhir 4,675 termasuk dalam kriteria Sangat Layak, c) praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,71 termasuk dalam kriteria Sangat Layak dan tanggapan peserta didik dari kelompok kecil memperoleh rata-rata skor akhir 4,8 termasuk dalam kriteria Sangat Layak dan uji coba pemakaian memperoleh rata-rata skor 4,7 termasuk dalam kriteria Sangat Layak. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Piles, Instrumen Evaluasi Pembelajaran Kearsipan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, S.E., M.SM., |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 04:40 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12231 |
Actions (login required)
View Item |