PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE CLASSDOJO PADA MATERI DASAR-DASAR AKUNTANSI DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN

RAFIF, HAIKAL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE CLASSDOJO PADA MATERI DASAR-DASAR AKUNTANSI DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf

Download (646kB)
[img] Text
Table of Content_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Blibliografhy_Haikal Rafif_1709617019_PAP 17.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Haikal Rafif, 1709617019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website ClassDojo pada Materi Dasar-dasar Akuntansi di SMK Tunas Pembangunan: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas penggunaan ClassDojo.com sebagai media pembelajaran di SMK Tunas Pembangunan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan kajian literatur dan survei untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kendala dalam proses pembelajaran. Tahap desain melibatkan pembuatan rencana pembelajaran yang terintegrasi dengan fitur-fitur ClassDojo. Pengembangan dilakukan dengan merancang materi dan aktivitas pembelajaran yang diunggah ke platform tersebut. Implementasi dilakukan pada siswa kelas X di SMK Tunas Pembangunan, dengan menggunakan pendekatan campuran (mixed-methods) untuk mengumpulkan data. Instrumen yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ClassDojo.com dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah komunikasi antara guru dan orang tua, serta memperbaiki manajemen kelas. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa penggunaan ClassDojo.com sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran dan mengintegrasikan berbagai fitur ClassDojo untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kata kunci: ClassDojo.com, media pembelajaran, Research and Development, ADDIE, Website

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd, MM Pembimbing 2 : Darma Rika Swaramarinda, M.SE, Ph.D
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:29
Last Modified: 12 Nov 2024 08:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12270

Actions (login required)

View Item View Item