PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 13 JAKARTA

Matu Silvia, Ivda (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 13 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. CHAPTER 1.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4. CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
5. CHAPTER 3.pdf

Download (573kB)
[img] Text
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
7. CHAPTER 5.pdf

Download (356kB)
[img] Text
8. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (373kB)
[img] Text
JURNAL IVDA MATU SILVIA.pdf

Download (785kB)

Abstract

ABSTRAK Ivda Matu Silvia, 1709619057, Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri, dan Teman Sebaya terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 13 Jakarta. Skripsi Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2024. Kualitas peserta didik dapat tercermin melalui keberhasilan belajar yang telah dilaluinya. Jika belajar dilakukan dengan penuh kemandirian maka keberhasilan proses pembelajaran mampu diraih dengan optimal. Penelitian ini mempunyai tujuan, yakni meneliti bagaimana teman sebaya, efikasi diri, dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Penelitian ini memanfaatkan metodologi kuantitatif dan data diperoleh secara langsung dengan menggunakan angket berupa kuesioner yang disebar kepada responden. Populasinya merupakan siswa kelas XI SMK Negeri 13 Jakarta yang berjumlah 352 dan sampel sejumlah 187 responden, ditetapkan melalui teknik proportional random sampling, selanjutnya data diolah memanfaatkan program SPSS (versi 26). Temuan analisis mengungkapkan, motivasi belajar dengan thitung 3.748 > ttabel 1.97301 memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar, efikasi diri dengan thitung 7.914 > ttabel 1.97301 memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar, dan teman sebaya dengan thitung 2.76 9 > ttabel 1.97301 memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar. Kemudian, motivasi belajar, efikasi diri, dan teman sebaya dengan Fhitung 43.705 > Ftabel 2.65 memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kemandirian belajar. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran untuk kemandirian belajar, yang akan meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan efikasi diri, dan menciptakan lingkungan teman sebaya yang mendukung. Kata Kunci: Kemandirian belajar, Motivasi belajar, Efikasi diri, Teman sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dedi Purwana ES, M.Bus Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:42
Last Modified: 12 Nov 2024 08:42
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item View Item