PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DI SMKN 25 JAKARTA

SUWANTINI, SUCI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DI SMKN 25 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Table _of_Content.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (933kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DI SMKN 25 JAKARTA ABSTRAK Suwantini 1709620007 Universitas Negeri Jakarta Seiring dengan kemajuan teknologi digital dalam era globalisasi dan Revolusi Industri 4.0, serta didukung oleh Kurikulum Merdeka yang meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan intrakurikuler yang bervariasi dan pembelajaran berdiferensiasi, guru diharapkan untuk melakukan inovasi pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan; (2) menganalisis tingkat kelayakan media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan; ; (3) mengetahui tingkat praktikalitas media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada Elemen Pengelolaan Kearsipan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Kemudian model desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas XI Manajemen Perkantoran dengan jumlah sebanyak 40 siswa. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 10 peserta didik yang ditentukan dengan metode acak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket/kusioner. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil : (1) media pembelajaran media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan berhasil dikembangkan; (2) hasil validasi ahli diketahui bahwa media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan sangat layak untuk digunakan dengan memperoleh hasil rerata kelayakan dari ahli materi sebesar 96% dengan kategori “sangat layak” dan ahli media sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”; (3) hasil uji praktikalitas dengan melalui dua tahapan, yaitu uji coba kelompok kecil mencapai persentase kepraktisan sebesar 91% dengan kategori “sangat praktis” dan uji kelompok besar mencapai persentase 95% dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbantuan Wordwall Pada Elemen Pengelolaan Kearsipan sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran, Google Sites, Wordwall, dan Elemen Pengelolaan Kearsipan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, MM Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 21 Nov 2024 03:03
Last Modified: 21 Nov 2024 03:03
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item