HANDAYANI, WENING (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK 51 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Daftar Isi.pdf Download (85kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (263kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) |
|
Text
11. Jurnal Full.pdf Download (751kB) |
Abstract
ABSTRAK Wening Handayani, 1709620079. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 51 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMKN 51 Jakarta. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Oktober 2023 hingga Juni 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sehingga memperoleh sampel berjumlah 152 siswa dari SMK Negeri 51 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan alat bantu berupa SPSS (Statistical Product for Service Solutions). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji Hipotesis terdiri dari Uji F, Uji t. Berdasarkan perbandingan Fhitung dan Ftabel menggunakan tabel ANOVA, diperoleh Fhitung sebesar 92.089 > 3.06. Artinya bahwa terdapat pengaruh secara bersamaan antara Lingkungan Sekolah (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y). Hasil Uji t untuk Lingkungan Sekolah (X1) thitung > ttabel = 3.282 > 1.97601 dan Lingkungan Keluarga (X2) thitung > ttabel = 7.758 > 1.97601. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah (X1) terhadap Motivasi Belajar (Y) dan terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y). Analisis Koefisien Determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0.553 yang bermakna 55% berabelitas variabel Motivasi Belajar dapat dijelaskan oleh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga. Sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Prof. Dr. Puji Wahono, M.Si Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:58 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:58 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12327 |
Actions (login required)
View Item |