PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA SMARTPHONE DI JABODETABEK

FATHUROHMAN, MUHAMAD (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA SMARTPHONE DI JABODETABEK. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (765kB)
[img] Text
Table of content.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Bab 2 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Bab 3 Skripsi.pdf

Download (566kB)
[img] Text
Bab 4 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
Bab 5 Skripsi.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Bibliography.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Jurnal Muhamad Fathurohman.pdf

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Fathurohman, 1707620018, Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention melalui Brand Image sebagai variabel Intervening pada pengguna Smartphone di Jabodetabek Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh positif dan signifikan dari Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention pada pengguna smartphone Transsion di wilayah Jabodetabek, dengan Brand Image sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner Google Form dengan skala Likert 5 poin, yang disebarkan kepada 200 responden yang memenuhi kriteria, yaitu konsumen yang tertarik pada smartphone Transsion. Analisis data dilakukan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, serta uji hipotesis dengan perangkat lunak AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM dan celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Selain itu, e-WOM dan brand image juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Namun, berbeda dimana celebrity endorsement tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap minat beli. Meskipun demikian, brand image terbukti menjadi mediasi yang signifikan antara e-WOM dan celebrity endorsement dengan purchase intention. Ini menunjukkan bahwa meskipun celebrity endorsement tidak langsung mempengaruhi minat beli, pengaruhnya terhadap brand image cukup kuat sehingga secara tidak langsung meningkatkan purchase intention melalui brand image. Oleh karena itu, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk fokus pada peningkatan kualitas e-WOM dan pemanfaatan celebrity endorsement yang efektif untuk memperkuat brand image, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap smartphone Transsion. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi strategi pemasaran, khususnya dalam memanfaatkan media digital dan selebriti untuk membangun dan memperkuat citra merek di pasar yang semakin kompetitif. Kata kunci: Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorsement, Brand Image, Purchase Intention

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ika Febrilia, SE, MM Pembimbing 2 : Nofriska Krissanya, S.E., M.B.A, CHRP
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:24
Last Modified: 25 Nov 2024 03:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item