Simamora, Yericho Lam Pedro (2025) PERAN PENGGUNAAN EVALUASI BERBASIS DIGITAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA PEMINATAN EKONOMI DI SMAN 53 JAKARTA). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
Jurnal Penelitian_Yericho Lam Pedro Simamora.pdf Download (433kB) |
Abstract
Yericho Lam Pedro Simamora. 2024. 1701620089. Peran Penggunaan Evaluasi Berbasis Digital dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Studi Eksperimen Pada Siswa Peminatan Ekonomi di SMAN 53 Jakarta) Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara kelompok siswa yang diterapkan evaluasi berbasis digital dengan kelompok siswa yang diterapkan evaluasi konvensional, perbedaan hasil belajar ekonomi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pengaruh interaksi antara evaluasi berbasis digital dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 53 Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental, dua kelas dipilih, yaitu satu kelas menggunakan evaluasi berbasis digital melalui platform Quizizz, dan kelas lainnya menggunakan metode evaluasi konvensional. Pengumpulan data melibatkan pretes dan postes, serta kuesioner untuk menilai tingkat motivasi belajar. Hasil uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar ekonomi antara metode evaluasi berbasis digital dan metode konvensional. Selain itu, terdapat pengaruh interaksi antara metode evaluasi dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar, yang menunjukkan bahwa evaluasi digital ditambah motivasi tinggi menghasilkan hasil belajar ekonomi yang optimal. Temuan ini menunjukkan potensi integrasi evaluasi digital untuk meningkatkan hasil belajar dalam pendidikan ekonomi. Kata kunci: evaluasi berbasis digital; hasil belajar ekonomi; motivasi belajar; Quizizz
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing 1 : Pembimbing 2 : |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:53 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:53 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |