PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 84 JAKARTA

KURNIAWATI, PUJI (2016) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 84 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Chapter3.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Chapter5.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (0B) | Preview

Abstract

ABSTRAK PUJI KURNIAWATI. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 84 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2016 di SMA Negeri 84 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI IIS 3 yang berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter. Penelitian ini menggunakan teknik regresi dimana kecerdasan intelektual berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, lingkungan belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar siswa dengan t sebesar 2,449 > t sebesar 1,663. secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa dengan ttabel sebesar 2,863 <ttabel hitung sebesar 1,663. Pengaruh kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2) sebesar sebesar 0,124 menunjukkan variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar sebesar 12,4%. sedangkan sisanya 87,6% ditentukan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variable kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah lemah sebesar 0,352.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si ., Pembimbing II: Ari Saptono, SE, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science)
Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) > Pendidikan Sekolah Lanjutan (Secondary Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi Koperasi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:10
Last Modified: 20 Dec 2017 07:10
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item