EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT “XYZ” DI DEPOK MENYONGSONG PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN INA CBGs TAHUN 2014

FAJARUDDIN, S, FAJARUDDIN, S (2014) EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT “XYZ” DI DEPOK MENYONGSONG PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN INA CBGs TAHUN 2014. S2 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Chapter3.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Chapter5.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter6.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (0B) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pertanggal 1 Januari 2014, merupakan amanah Undang-Undang no 40 tahun 2004, Sistem managed care adalah sistem yang dipergunakan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan no 71 tahun 2013. Jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per tanggal 1 Januari 2014 di perkirakan berjumlah 140.000.000. jiwa, terdiri dari peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Asuransi Kesehatan pegawai negeri sipil (ASKES), Jaminan Kesehatan Tenaga Kerja (Jamsostek), peserta Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (POLRI), Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan peserta mandiri baik perseorangan ataupun badan usaha (perusahaan). Sistem tarif pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan no. 69 tahun 2013, yaitu mempergunakan sistem perspective payment yaitu paket tarif INA CBGs. RS “XYZ” merupakan sebuah RS swasta dengan badan hukum Perseroan Terbatas (PT) berdiri sejak tahun 2006 dan terletak di wilayah Depok Jawa Barat, selama ini RS “XYZ” mempergunakan sistem tarif fee for service dalam melayani pasiennya dan belum terbiasa mempergunakan sistem tarif INA CBGs. Berdasarkan evaluasi kinerja RS “XYZ” dari tahun 2006-2012 masih mengalami silisih minus. Penelitian ini menemukan bahwa RS “XYZ” belum siap menjadi provider Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) karena : belum siap dengan sistem tarif paket INA CBGs, mayoritas dokter sebagai motor dari pelayanan kepada pasien belum paham betul konsep tarif paket per diagnosa yang di implementasikan dalam soft ware INA CBGs. Direkomendasikan kepada RS “XYZ” untuk segera mempersiapkan diri menjadi provider Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kata Kunci : Evaluasi kinerja, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),perspective payment, INA CBGs.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mr. Rizan, SE, MM , Pembimbing II: Dr. Saparuddin, SE, M.Si
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Inovasi, Penemuan dan Paten (Inovations and Patens)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Layanan Kantor (Office Services)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Hubungan Masyarakat (Public Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S2 Magister Manajemen
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 20 Nov 2017 06:16
Last Modified: 20 Nov 2017 06:17
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item