HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI BISNIS PADA SISWA SMK NEGERI 22 DI JAKARTA

VIDIANSYAH, RIZKY (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI BISNIS PADA SISWA SMK NEGERI 22 DI JAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
Chapter3.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Chapter5.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

RIZKY VIDIANSYAH. HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI BISNIS PADA SISWA SMK NEGERI 22 DI JAKARTA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar belajar pengantar ekonomi bisnis pada siswa SMK Negeri 22 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung dari bulan Januari 2018 hingga Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 22 Jakarta berjumlah 175 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 114 siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data hasil belajar adalah data sekunder sedangkan data lingkungan belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2) adalah data primer dengan menggunakan kuesioner modal skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis yang terdiri dari uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa secara parsial variabel lingkungan belajar memiliki thitung 12,906 > ttabel 1,66 dan perhatian orang tua memiliki thitung 10,499 > ttabel 1,66 yang menyatakan signifikansi (thitung > ttabel) artinya masing-masing variabel bebas yaitu lingkungan belajar memiliki hubungan yang positif signifikan dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis serta perhatian orang tua yang positif signifikan dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,598 yang artinya hubungan variabel bebas (lingkungan belajar) terhadap variabel terikat (hasil belajar) sebesar 59,8% dan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,496 yang artinya hubungan variabel bebas (perhatian orang tua) terhadap variabel terikat (hasil belajar) sebesar 49,6%. Kata kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Belajar, Perhatian Orang Tua

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si ; Pembimbing II: Dita Puruwita, S.Pd, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:30
Last Modified: 13 Sep 2018 07:30
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/6003

Actions (login required)

View Item View Item