PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 33 JAKARTA

TAMAURI, HILDA (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 33 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (12).pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB II (14).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB III (13).pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (13).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (11).pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (20).pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Hilda tamauri. Pengaruh Lingkungan keluarga, Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 33 Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Lingkungan keluarga, Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XII mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 33 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 107 siswa. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0. Dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggukan metode Komolgrov Smirnov dan didapat nilai lingkungan keluarga (X1) sebesar 0,517; nilai kepercayaan diri (X2) sebesar 0,210; nilai motivasi belajar (X3) sebesar 0,348; nilai hasil belajar ekonomi (Y) sebesar 0,097 dengan demikian data berdistribusi normal. Dari hasil uji F dapat diketahui Fhitung 56,227 > Ftabel 2,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 secara serentak berpengaruh terhadap Y. Uji t menghasilkan thitung X1 2,230 > ttabel 1,659 maka pengaruh positif antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi. Kemudian thitung X2 3.070 > ttabel 1,659 maka pengaruh positif antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar ekonomi. thitung X3 4,080 > ttabel 1,659 maka pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan Y = 0,226X1 + 0,307X2 + 0,283X3 + 0,406 �2. Adapun nilai Rsquare sebesar 0,744 yang artinya bahwa hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan oleh lingkungan belajar, kepercayaan diri dan motivasi belajar sebesar 74,4% dan sisanya sebesar 25,6% dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ari Saptono, SE, M.Pd Pembimbing 2 : Dicky Iranto, SE, M.SE
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:24
Last Modified: 07 Jun 2021 04:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9912

Actions (login required)

View Item View Item