EVALUASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 97 JAKARTA

DWI RAHARJO, GILANG (2021) EVALUASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 97 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover (45).pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table Of Content (32).pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (16).pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB II (18).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
BAB III (17).pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (17).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (15).pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography (27).pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Journal_ GilangDwiRAharjo_8105164185_ EVALUATION OF THE PROGRAM FOR STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION IN SMAN 97 JAKARTA.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi program penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMAN 97 Jakarta. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian evaluative yang diamana data diperoleh melalui wawacara, studi dokumentasi, dan penyebaran kuisioner ke objek penelitian. Penelitian ini melibatkan Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik dalam pengambilan data. Hasil penelitian ini menunjukan pada aspek context 88,26%, pada aspek input 92,85%, pada aspek process 83,81% dan pada aspek product 89.13%. Implikasi dari evaluasi CIPP yaitu bermula dari landasan penguatan pendidikan karakter ditunjang dengan aspek input berupa sumber daya manusia, sarana, dan pembiyaaan untuk melakukan proses kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler untuk memperoleh hasil dari program penguatan pendidikan karakter. Kesimpulan dari evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SMAN 97 Jakarta yaitu nilai integritas dan mandiri yang harus diperhatikan. Saran dari hasil evaluasi yaitu guru harus berinovasi lagi dalam meperkuat 5 nilai utama pengauatan pendidikan karakter pada kegiatan intrakulikuler. Kata Kunci: Evaluasi Program, CIPP, Program Penguatan Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. I Ketut Sudiardhita, M.Si Pembimbing 2 : Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:32
Last Modified: 18 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item View Item