PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 9 BEKASI

QOLBU HANIFAH, GHINA (2021) PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 9 BEKASI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
cover (48).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tabel Of Content (1).pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (28).pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 (26).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 (26).pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 (28).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 (25).pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY (29).pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Adversitas (X1) dan Kecerdasan Emosi (X2) dengan Hasil Belajar (Y) pada Siswa SMKN 9 Bekasi. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan terhitung mulai bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode koresional. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 452 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 195 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probility proportionate stratifed random sampling, Teknis analisis data yang digunakan yaitu : (1) uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Kolmogrov-Smirnov dengan nilai signifikansi variabel Kecerdasan Adversitas (X1) sebesar 0,075 ; nilai signifikansi variabel Kecerdasan Emosi (X2) sebesar 0,093 ; nilai signifikansi variabel Hasil Belajar (Y) yaitu sebesar 0,200. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity variabel Kecerdasan Adversitas (X1) sebesar 0,911 dan variabel Kecerdasan Emosi (X2) 0,764; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance sebesar 0,468 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 2,137 > 10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk variabel Kecerdasan Adversitas (X1) sebesar 0,941 > 0,05 dan variabel Kecerdasan Emosi (X2) sebesar 0,771 > 0,05; (3) Uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Y = 57,068 + 0,550x1 + 0,068x2; (4) Uji hipotesis yang terdiri dari Uji F dan Uji T. Hasil uji F tabel ANOVA yaitu F Hitung 105,037 > F tabel 3,04 Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Kecerdasan Adversitas (X1) dan Kecerdasan Emosi (X2) dengan Hasil Belajar (Y). Hasil Uji t untuk variabel Kecerdasan Adversitas (X1) adalah t hitung 7,327 < t tabel 1,972 dan untuk Kecerdasan Emosi (X2) sebesar t hitung 3,209 < t tabel 1,972 Hal tersebut berarti terdapat hubungan positif antara Kecerdasan Adversitas (X1) dengan Hasil Belajar (Y) serta hubungan positif antara Kecerdasan Emosi (X2) dengan Hasil Belajar (Y); (5) analisis koefisien determinasi (R2) dengan hasil sebesar 52,2% yang bermakna variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel Kecerdasan Adversitas (X1) dan Kecerdasan Emosi (X2), sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. Kata kunci : Hasil Belajar, Kecerdasan Adversitas, Kecerdasan Emosi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra.R.R Ponco Dewi Karyaningsih,M M Pembimbing 2 : Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 18 Jun 2021 05:38
Last Modified: 18 Jun 2021 05:38
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item