PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Aditya, Ilham (2022) PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - 2022-07-05T140200.555.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_of_Content (35).pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1 (15).pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
Chapter2 (13).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
Chapter3 (14).pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
Chapter4 (14).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
Chapter5 (8).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography (82).pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ILHAM ADITYA_8335165361_ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

ILHAM ADITYA. Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2021. Nilai perusahaan merupakan aspek yang diperhatikan oleh para investor apabila ingin menanamkan modalnya dalam suatu perusahaan. Jadi, perusahaan yang memasarkan sahamnya kepada masyarakat, investor menilai perusahaan menggunakan indikator utama berupa harga pasar saham dapat mengindikasikan tingkat keberhasilan suatu perusahaan. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi berbagai faktor yaitu leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Selain itu, profitabilitas dalam penelitian ini berperan sebagai variabel yang memediasi leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Unit analisis yaitu perusahaan industri dasar serta kimia yang terdaftar di BEI 2016-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi non partisipan. Populasi penelitian berjumlah 60 perusahaan. Sampel berjumlah 31 perusahaan dengan total 108 data sampel dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis data dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Profitabilitas mampu memediasi hubungan leverage terhadap nilai perusahaan, namun profitabilitas tidak mampu memediasi hubungan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: nilai perusahaan, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nuramalia Hasanah, M.Ak Pembimbing 2 : Diah ArmelizaSE., M.Ak
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:09
Last Modified: 05 Jul 2022 07:09
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item